Minggu, 14 Januari 2024

ARBAIN HADITS KEDELAPAN BELAS BERTAKWA DAN KEBAIKAN MENGHAPUS KESALAHAN

Loading

 

ARBAIN HADITS KEDELAPAN BELAS

KEBAIKAN MENGHAPUS KESALAHAN

 عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ "

[رواه الترمذي وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح]

 

Terjemah hadits / ترجمة الحديث :

Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam beliau bersabda : Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “ (Riwayat Turmuzi, dia berkata haditsnya hasan, pada sebagian cetakan dikatakan hasan shahih).

 

Takhrij

ü Imam At Tirmidzi dalam Sunannya No. 1987, dari Abu Dzar dan Muadz bin Jabal

ü Imam Ahmad dalam Musnadnya No. 21354, 21403, dari Abu Dzar, dan No. 21988, dari Muadz bin Jabal. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: hasan.

ü Imam Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 8023, dari Muadz bin Jabal, dan No. 8026, dari Abu Dzar

ü Imam Alauddin Al Muttaqi Al Hindi dalam Kanzul ‘Ummal No. 1913, dari Abu Dzar, dan No. 5246, dari Muadz bin Jabal

ü Imam Ad Darimi dalam Sunannya No, 2791, dari Abu dzar

ü Imam Al Hakim dalam Al Mustadrak ‘Ala Ash Shahihain No. 187, katanya: shahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya. Penshahihan Ini disepakati oleh Imam Adz Dzahabi

ü Imam Ath Thabarani dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 296, 287, dari Muadz bin Jabal. Juga dalam Al Mu’jam Ash Shaghir No. 530, dari Muadz bin Jabal

ü Imam Al Bazzar dalam Musnadnya No. 4022, dari Abu Dzar

ü Imam Abu Nu’aim dalam Al Hilyah, 4/378

ü Imam Ibnu ‘Asakir (61/314), dari Anas bin Mali

Syaikh Al Albani juga menghasankan dalam beberapa kitabnya, baik yang riwayat Abu Dzar, Muadz, dan Anas. (Shahihul Jami’ No. 97, Misykah Al Mashabih No. 5083, Shahih At Targhib wat Tarhib No. 2655, 3160)

SABABUL WURUD (LATAR BELAKANG HADITS)

Pesan Rasulullah saw. yang ditujukan kepada Abu Dzar ra. dan Mu’adz ini, disebutkan melalui berbagai jalur dan berbagai kesemptan, di antaranya:
a. Ibnu Abdul Bar meriwayatkan dari Anas ra. bahwa Nabi saw. mengutus Mu’adz bin Jabal ke Yaman, lalu beliau bersabda: “Ya Mu’adz bertakwalah kamu kepada Allah, pergaulilah manusia dengan akhlak yang terpuji. Jika kamu melihat kesalahan ikutilah dengan kebaikan. Mu’adz lalu berkata: “Ya Rasulallah, [ucapan] tidak ada Tuhan selain Allah termasuk kebaikan?” Rasulullah saw. menjwab: “Kalimat itu merupakan kebaikan yang paling tinggi derajatnya.”  
b. Ahmad meriwayatkan bahwa Abu Dzar ra. berkata kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulallah, ajarkanlah kepadaku suatu perbuatan yang bisa mendekatkanku ke surga dan menjauhkanku dari neraka.” Rasulullah saw. menjawab: “Jika kamu melakukan kejelekan, maka lakukanlah kebaikan. Karena kebaikan tersebut akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat.” Saya berkata: “Wahai Rasulallah, apakah kalimat Laa ilaaHa illallaaH termasuk kebaikan?” Rasulullah saw. menjawab, “Kalimat tersebut kebaikan yang paling tinggi derajatnya.”

 

TAKWALLOH
Makna takwalloh (takwa kepada Alloh) adalah membuat perisai antara dirinya dengan azab dan murka Alloh, baik di dunia ataupun di akhirat. Dan perisai yang paling asasi adalah menegakkan tauhidulloh.

Perintah untuk bertakwa ditujukan kepada 3 sasaran, yaitu:

1.     Ditujukan kepada seluruh manusia, maka takwa di sini maknanya adalah menunaikan tauhid dan membersihkan dari syirik.

2.     Ditujukan kepada kaum mukminin, maka takwa di sini maknanya adalah melaksanakan ketaatan kepada Alloh berdasarkan petunjuk Alloh dan meninggalkan kemaksiatan kepada Alloh berdasarkan petunjuk Alloh.

3.     Ditujukan kepada seseorang yang sudah bertakwa, maka perintah takwa di sini maknanya adalah perintah untuk melestarikan ketakwaannya.

Ruang lingkup Takwalloh meliputi seluruh tempat dan waktu, artinya di manapun dan kapan pun berada serta dalam kondisi apapun terkena kewajiban takwalloh. Dengan demikian, sifat takwalloh berbeda-beda sesuai dengan tempat, waktu dan keadaannya.

 

Kebajikan Menghapus Keburukan     
Kebajikan adalah sesuatu yang mendatangkan pahala, dan keburukan adalah sesuatu yang mendatangkan dosa atau siksa. Kebajikan yang dapat menghapus keburukan ada 2 tingkatan, yaitu:

ü Melakukan kebajikan dengan niat untuk menghapus keburukan. Jika melakukan kebajikan dengan niat menghapus keburukan maka sudah terkandung di dalamnya penyesalan dan taubat atas kejelekannya.

ü Melakukan kebajikan tanpa adanya niat menghapus keburukan. Kebajikan seperti ini secara umum akan menghapuskan kejelekannya sesuai dengan kadarnya masing-masing. Derajat yang ke-2 ini lebih rendah dibanding derajat yang pertama.

 

HUSNUL KHULUQ 
Husnul Khuluq adalah banyak berderma, tidak menyakiti dan berwajah ceria. Inilah tafsir Husnul Khuluq kepada sesama manusia. Seseorang mendapatkan Husnul Khuluq secara thobi’í atau hasil usaha. Seseorang yang melakukan Husnul Khuluq sebagai hasil dari jerih payahnya lebih besar pahalanya dibanding dengan yang melakukan karena sudah tabiatnya. Karena kaidah menyatakan, “Jika sesuatu diwajibkan oleh syariat maka yang lebih mendapatkan kesulitan dalam pelaksanaannya lebih besar pahalanya. Berbeda dengan apabila sesuatu itu disunahkan, maka tidak secara otomatis yang lebih mendapatkan kesulitan lebih besar pahalanya.”

 

KANDUNGAN HADITS

1. Manusia adalah khalifah di muka bumi   
Allah menciptakan manusia dan memberi nikmat yang sangat dan tak terhitung. Lalu Allah memilih di antara manusia itu para Rasul. Mereka mendapatkan wahyu dari langit untuk menjelaskan jalan kebaikan dan kebahagiaan.

Allah menyuruh segenap manusia untuk menyembah-Nya semata dan tidak menyukutukan-Nya dengan suatu apapun. Allah juga memerintahkan agar mereka melaksanakan apa yang diperintahkan, menjauhi semua yang dilarang, bersegera melakukan kebaikan, menahan diri dari semua yang munkar, berusaha mewujudkan kebahagiaan bagi seluruh manusia, bersikap penuh kasih, saling bekerja sama, penuh persaudaraan, berusaha mengulurkan tangan untuk membantu saudaranya yang lain, menghiasi diri dengan akhlak yang terpuji, memiliki jiwa yang baik, dan ucapan yang penuh kearifan dan kelembutan.

Dengan semua hal di atas, manusia akan mendapatkan kemenangan, kebahagiaan dunia dan akhirat , dan kekhalifahan mereka di bumi pun terealisasi. Kekhalifahan itulah yang membuat Adam lebih tinggi kedudukannya dibanding Malaikat. Allah Swt berfirman: “Dan ketika Kami perintahkan kepada malaikat untuk sujud kepada Adam, maka mereka semua sujud.” (al-Baqarah: 34)          
Inilah yang dipesankan oleh Rasulullah saw. kepada kita dalam hadits di atas.

2. Pesan yang abadi         
Betapa indahnya pemberian yang diterima dua shahabat di atas. Pemberian yang didengar langsung dari murabbi (pembimbing)nya, Muhammad saw.
Pada awalnya pesan ini hanya untuk mereka berdua, kemudian menjadi nasehat dan bimbingan bagi seluruh umat, karena berisi kebaikan dan manfaat yang sangat besar di dalamnya. Yang bisa mewujudkan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat. Pesan yang agung, mencakup seluruh hak Allah swt. dan hak hamba-Nya.

3. Takwa adalah jalan keselamatan   
Taujih yang paling penting bagi kita dalam hadits ini adalah “Takwa kepada Allah.” Takwa merupakan sumber dari semua kebaikan dan mencegah segala keburukan. Dengan takwa, seorang mukmin akan mendapatkan pertolongan Allah swt. Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (an-Nahl: 128)
Allah swt. juga menjajikan kepada mereka rizky yang baik dan jalan keluar dari semua kesulitan, “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rizky dari jalan yang tidak diduga.” (ath-Thalaq: 2-3)

Dengan takwa mereka juga akan dilindungi dari muslihat musuh, “Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, jika kamu mendapat bencana mereka bergembira. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudlaratan kepadamu.” (Ali ‘Imraan: 120)

Allah swt. juga akan memberikan rahmat bagi orang-orang yang bertakwa. “…dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa… “ (al-A’raaf: 156)

Di akhirat, orang-orang yang bertakwa berada di sisi Allah swt: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi, di sisi [Rabb] Yang Maha Berkuasa.” (al-Qamar: 54-55)

Banyak sekali ayat dan hadits yang memuat keutamaan takwa dan betapa besar dampak positif yang akan dipetik. Hal ini tidaklah mengherankan karena ketakwaan adalah jalan orang-orang mukmin, juga akhlak para Nabi dan Rasul. Allah swt berfirman: “Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka.” (al-An’am: 90)

Takwa juga sesuatu yang dipesankan Allah swt. kepada semua hamba-Nya, baik yang terdahulu maupun yang akan datang. Barangsiapa yang komitmen dengannya maka ia beruntung, dan barangsiapa yang menolak maka ia akan binasa dan merugi.

Allah befirman: “Dan sungguh telah Kami pesankan [memerintahkan] kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan [juga] kepada kamu, bertakwalah kepada Allah. Tetapi jika kamu kafir maka [ketahuilah], sesungguhnya apa yang di langit dan apa yang di bumia hanyalah kepunyaan Allah dan Allah Maha Kaya lagi Mahaterpuji.” (an-Nisaa’: 131)

4. Hakekat Takwa 
Takwa adalah kata yang singkat namun penuh makna, mencakup semua yang dibawa oleh Islam; aqidah, ibadah, muamalah, dan akhlak.
Allah swt. berfirman: “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah Timur dan Barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang yang meminta-minta dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (al-Baqarah: 177)

Jadi takwa adalah amal perbuatan dalam rangka ketaatan kepada Allah dan tidak melakukan maksiat kepada-Nya.       
Para shalafus shalih mendifinisikan takwa dengan: mentaati Allah dan tidak bermaksiat, selalu dzikir dan tidak lupa, senantiasa bersyukur dan tidak kufur. Mereka para shalafus shalih benar-benar telah melakukan dan komitmen dengan pengertian yang mereka pahami, tanpa mengenal tempat dan kondisi. Semua itu dilaksanakan sebagai realisasi dari perintah Allah swt. dan untuk menyambut panggilan-Nya.

Allah swt. berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah sekali-sekali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Ali ‘Imraan: 102)

5. Kesempurnaan Takwa           
Di antara yang menyempurnakan takwa adalah menjauhi syubhat dan sesuatu yang bercampur dengan barang haram. “Barangsiapa yang menghindari syubhat maka ia telah menjaga kebersihan agama dan kehormatannya.” (HR Bukhari dan Muslim)     
Termauk dalam masalah ini adalah meninggalkan beberapa hal yang sebenarnya diperbolehkan, tetapi dikhawatirkan dapat membawa ke arah yang diharamkan.

Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan bahwa Nabi saw. bersabda: “Tidaklah seorang hamba mencapai derajat muttaqiin (orang yang bertakwa), sehingga ia meninggalkan apa-apa yang sebenarnya tidak mendatangkan dosa, karena khwatir mendatangkan dosa.”

Hasan al-Bashri berkata: “Sifat takwa senantiasa melekat pada seorang yang bertakwa selama ia meninggalkan banyak hal yang sebenarnya halal, karena khawatir haram.”

6. Syarat terealisasinya ketakwaan   
Yakni langkah pertama dengan memahami ajaran agama Allah swt. agar ia tahu bagaimana bertakwa kepada Allah swt. Firman-Nya: “Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama (orang-orang yang memahami). Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahapengampun.” (Faathir: 28)

Orang yang tidak memahami tidak akan mengetahui apa yang wajib ia lakukan dan apa yang wajib ia tinggalkan. Karena itu, ilmu adalah ibadah yang paling afdhal, jalan yang menghubungkan ke surga dan tanda bahwa seseorang menginginkan kebaikan.

Rasulullah saw. bersabda: “Keutamaan seorang ulama (orang yang berilmu) atas ‘abid (ahli ibadah), seumpama keutamaanku atas orang yang paling rendah imannya di antara kalian.” (HR Muslim)
Sabdanya juga: “Barangsiapa yang menempuh sebuah jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkannya jalan menuju surga.” (HR Muslim)
Sabdanya juga: “Barangsiapa yang dikehendaki Allah menjadi baik, maka Allah akan memudahkannya dalam memahami ajaran agama.” (Muttafaq ‘alaih)

7. Taubat dan bersegera dalam melakukan kebaikan adalah akhlak seorang mukmin yang bertakwa. Terkadang seorang mukmin mengalami kealpaan atau kelalaian, dan terkadang, ia terbuai hawa nafsu atau bisikan-bisikan setan sehingga ia terperosok ke dalam kemaksiatan dan perbuatan dosa. Karenanya termasuk bagian dari ketakwaan, hendaknya ia bersegera untuk taubat dan beristighfar kepada Allah swt. saat ia sadar bahwa ia telah melakukan perbuatan dosa.

Allah befirman: “Dan [juga] orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji itu, sedang mereka mengetahui.” (Ali ‘Imraan: 135)
Dalam ayat lain disebutkan: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.” (al-A’raaf: 201)

Setelah bertaubat, seorang mukmin yang bertakwa bersegera untuk melakukan perbuatan baik dan memperbanyak amal-amal shalih, agar dosanya terhapus. Ini dilakukan karena ia percaya penuh dengan janji Allah swt. dalam ayat-Nya: “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapus (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (Huud: 114)
Juga sebagai refleksi hadits Nabi saw. “ Dan ikutilah keburukan dengan perbuatan baik, niscaya [perbuatan baik itu] akan menghapusnya.”

8. Cahaya ketaatan menerangi kegelapan maksiat          
Melakukan amal-amal shalih, seperti shalat, puasa, haji, zakat, jihad, dzikrullah dan berbagai kebaikan lainnya dapat menghapus kesalahan yang dilakukan seorang muslim, sebagaimana banyak disebutkan dalam hadits-hadits shahih, diantaranya:     
a. Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka dosanya yang telah lalu akan dihapus.” (HR Bukhari dan Muslim)
b. “Maukah kalian Aku tunjukkan sesuatu yang dapat menghapus kesalahan (dosa) dan mengangkat derajat?” Para sahabat berkata: “Ya, wahai Rasulallah.” Rasulullah saw. menjawab: “Menyempurnakan wudlu, meskipun dalam kondisi susah, memperbanyak langkah ke masjid dan menanti datangnya waktu shalat.” (HR Muslim)
c. “Barangsiapa yang menunaikan haji di Ka’bah dan tidak berkata keji dan kotor, maka dosanya akan terhapus, sebagaimaan ketika ia dilahirkan ibunya.” (HR Bukhari dan Muslim)          
Demikianlah masih banyak lagi hadits lain dan ayat-ayat al-Qur’an yang menyatakan bahwa ketaatan dapat menghapus keburukan

9. Taubat merupakan syarat dihapuskannya dosa besar
Para ulama sepakat bahwa perbuatan baik dapat menghapuskan dosa kecil. Adapun dosa besar, seperti durhaka kepada orang tua, membunuh, riba, minuman keras, dan lain sebagainya tidak ada jalan lain untuk menghapusnya kecuali dengan taubat.

Firman Allah: “Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal shalih kemudian tetap di jalan yang benar.” (Thaaha: 82)       
Ini jika dosa besar yang dilakukan tidak berhubungan dengan hak manusia. Namun jika berhubungan dengan hak orang lain, seperti mencuri, marah, membunuh dan lainnya maka harus lebih dahulu mengembalikan hak orang lain yang bersangkutan atau meminta maaf kepadanya. Jika hak telah dikembalikan atau telah mendapatkan maaf, maka langkah berikutnya adalah mengharap kepada Allah agar taubatnya diterima, dosanya diampuni, dan diganti dengan kebaikan.

Allah swt. berfirman: “Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal shalih maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (al-Furqaan: 70)

Jika syarat-syarat ini tidak terpenuhi, maka urusannya akan berlanjut di akhirat. Orang-orang yang pernah terdhalimi akan menuntut dan mengambil pahala darinya sebagai ganti dari kedhaliman yang ia terima di dunia. Rasulullah saw. bersabda, “Jika seorang mukmin selamat dari neraka, dia ditahan di sebuah jembatan antara surga dan neraka, lalu ia dimintai pertanggung jawaban oleh orang-orang yang terdhalimi di dunia, jika telah usai maka barulah ia diizinkan masuk surga.” (HR Bukhari dari Abu Sa’id al-Khudri ra.)

Di antara kebaikan Allah swt. jika seorang mukmin tidak memiliki dosa kecil, maka amal kebaikan yang ia lakukan berdampak terhadap dosa-dosa besarnya, yaitu dosa-dosa besarnya akan diringankan oleh Allah swt. Jika ia tidak memiliki dosa besar dan dosa kecil, maka pahala dari kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan.

10. Akhlak merupakan dasar tegaknya peradaban          
Dalam pesan ini, Rasulullah saw. mengarahkan kita pada perkara yang membawa kebaikan bagi individu dan tegaknya sistem kemasyarakatan. Perkara tersebut adalah berinteraksi dengan orang lain dengan akhlak yang terpuji,sehingga seorang muslim menjadi pribadi yang lembut, mencintai dan dicintai orang lain, menghormati dan dihormati orang lain, berbuat baik kepada orang lain dan mereka pun berbuat baik kepadanya.

Dalam kondisi seperti ini, masing-masing anggota masyarakat akan bergerak untuk melaksanakan kewajiban dengan penuh kerelaan dan ketenagan. Maka semua urusan berjalan pada jalurnya, norma-norma terpelihara dan peradaban yang agung menjadi nyata.

Manakala akhlak memiliki peran penting bagi kehidupan, maka Islam menempatkannya pada posisi yang sangat vital dan diperlihatkan secara khusus. Sebagai bukti, banyak ayat dan hadits yang berisi anjuran untuk berakhlak mulia, dan keutamaan orang-orang yang berakhlak mulia.
a. “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang lain mengerjakan yang ma’ruf serta berpalinglah daripada orang-orang bodoh.” (Al-A’raaf: 199)
b. “Tolaklah [kejahatan itu] dengan cara yang baik. Maka tiba-tiba orang yang bermusuhan denganmu seolah-olah menjadi teman yang sangat setia.” (Fushilat: 34)       
c. “Maukah kalian, aku beritahu tentang orang yang paling dicintai Allah dan paling dekat denganku pada hari kiamat?” para shahabat menjawab: “Ya kami mau.” Rasulullah saw. bersabda: “Yaitu orang yang paling baik akhlaknya.” (HR Ibnu Hibban)          
d. “orang yang paling baik di antara kamu adalah orang yang paling baik akhlaknya.” (HR Ahmad)           
e. “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR Abu Dawud)

Banyak lagi ayat dan hadits lainnya, yang mengerucut pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, al-Hakim dan Baihaqi, bahwa Nabi saw. bersabda: “Bahwasannya saya diutus untuk menyempurnakan akhlak.”

11. Berusaha memiliki akhlak terpuji           
Manusia sangat mungkin memiliki akhlak terpuji, karena Allah swt. telah menganjurkan hal itu.           
Al-Hakim dan perawi lain, meriwayatkan dari Muadz ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Perbaikilah akhlakmu dengan orang lain.” Riwayat lain menyebutkan, “Hendaklah kamu memperbaiki akhlakmu semampunya.”

Usaha memiliki akhlak terpuji bisa dengan cara ini: mencontoh akhlak Rasulullah saw., Allah berfirman: “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab: 21)      
Ketinggian akhlak Rasulullah saw. ini diungkapkan dalam ayat, “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (al-Qalam: 4)

Cara lain adalah bergaul dengan orang-orang yang bertakwa, para ulama, orang-orang yang memiliki akhlak mulia, menjauhi orang-orang jahat dan orang-orang yang mempunyai kebiasaan buruk dan lain sebagainya.
Firman Allah: “Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridlaan-Nya dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka [karena] mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (al-Kahfi: 28)

12. Akhlak yang terpuji  
Termasuk akhlak yang terpuji adalah selalu melakukan silaturahim, memberi maaf, berlapang dada dan suka memberi meskipun dalam kondisi yang sulit. Dari Uqbah bin Amir al-Jahmy ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda kepadanya: “Wahai Uqbah maukah kamu aku tunjukkan akhlak yang paling baik, bagi penghuni dunia dan akhirat? [Yaitu] engkau menyambung [persaudaraan] orang yang memutus kamu, memberi hadiah kepada orang yang tidak pernah memberimu hadiah dan memaafkan orang yang mendhalimimu.” (HR al-Hakim)

Dalam riwayat Ahmad disebutkan, “Dan berlapang dada terhadap orang yang mencelamu.” Rasulullah saw. bersabada; “Janganlah meremehkan kebaikan sekecil apapun, meskipun hanya sebuah senyuman [muka yang berseri] ketika bertemu saudaramu.” (HR Muslim) 
Dalam sabdanya yang lain, “Tahanlah untuk berbuat kejahatan, karena yang demikian itu adalah shadaqah.” (HR Bukhari dan Muslim)

13. Termasuk tanda sempurnanya iman dan takwa adalah akhlak terpuji dan bersikap baik dalam pergaulan. Juga membenci dan menjauhi orang-orang yang suka berbuat maksiat, manakala mereka bersikeras tidak mau meninggalkannya.

 

Tema-tema hadits:

1. Takwa, bekal disetiap tempat dan waktu : 2 : 197

Al-baqarah ayat 197

ٱلْحَجُّ أَشْهُرٌۭ مَّعْلُومَٰتٌۭ ۚ فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ ٱلْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِى ٱلْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍۢ يَعْلَمْهُ ٱللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ ۚ وَٱتَّقُونِ يَٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.

 

2. Akhlak mulia : 68 : 4

يَعْلَمُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعْلِنُونَ ۚ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ

Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati.

 


 

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan di tanyakan